Minggu, 02 Desember 2012

Panduan Kesehatan Bayi serta Balita


Panduan Kesehatan Bayi serta Balita
Berikut ini sebagian panduan untuk melindungi kesehatan bayi serta balita anda :

Jemur bayi pada pagi hari
Bayi butuh dijemur pada pagi hari untuk menghangatkan tubuhnya, namun tak perlu memaksakan aktivitas ini tiap-tiap hari. Jadi, asumsi bahwa bayi mesti dijemur tiap hari tidak seutuhnya benar. Walaupun anda menjemur bayi anda, tak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja sebelum jam delapan pagi. Perihal ini mutlak untuk bayi yang lahir berwarna kuning. Dikarenakan cahaya matahari pagi bisa menguraikan bilirubin jadi senyawa yang larut didalam air serta dikeluarkan sebagai urine.

Mandi air dingin bikin bayi kuat
Ada mitos yang menyebutkan memandikan bayi dengan air dingin bisa bikin bayi lebih kuat daya tahan tubuhnya. Mitos ini sudah pasti tidak benar. Sebenarnya air dingin bisa bikin pembakaran serta metabolisme tubuh bayi meningkat. Mengakibatkan makanan didalam tubuh dapat habis untuk mengatur suhu tubuh. Bayi dapat kehabisan tenaga serta selanjutnya jadi gampang sakit. Bayi mesti dimandikan dengan air hangat. Janganlah berlama-lama memandikan bayi serta upayakan anak segera didalam situasi hangat setelahnya.

Susu botol waktu bayi tidur
Sesungguhnya susu botol untuk bayi cuma untuk meringankan tugas anda. Dikarenakan susu botol pada bayi yang bangun pada malam hari bisa bikin anda lebih praktis serta bayi cepat tidur lagi. Namun sebenarnya susu botol bisa mengganggu pertumbuhan maupun perkembangan bayi. Endapan susu bisa berkumpul dibagian gusi anak. Disamping itu, si kecil lantas gampang terkena infeksi telinga, dikarenakan susu yang diminum dapat masuk kesaluran eustachius. Saluran ini yaitu penghubung pada tenggorokan sisi belakang serta telinga sisi belakang. Lantas, apabila mesti berikan susu botol, angkat sedikit kepala bayi, sesudah itu tidurkan tanpa botol susu. Memanglah sedikit repot, namun ini untuk kesehatan bayi anda.

Anak berkeringat
Asumsi bahwa anak yang senantiasa serta banyak berkeringat itu sehat tidaklah benar. sesungguhnya keringat yang keluar terlalu berlebih itu bukan hanya tandanya sehat. tetapi ada masalah spesifik, contohnya stres, manfaat kelenjar gondok yang terlalu berlebih, rendahnya kandungan gula, serta berat badan yang berlebih. Baiknya anda waspada bila keringat anak terlalu berlebih.

Bayi berliur
Amat lumrah apabila bayi berliur. Karena sampai umur bayi 4 th dapat aktif menghasilkan air liur. Namun apabila air liur terlalu berlebih, kemungkinan berlangsung peradangan atau infeksi di rongga mulut. Air liur juga jadi sinyal tanda apabila bayi dapat tumbuh gigi. Air liur pada bayi bukan hanya berlangsung akibat hasrat ibu waktu memiliki kandungan tidak terpenuhi.

Gumoh ( muntah sedikit ) setelah makan
Gumoh yaitu mengeluarkan cairan makanan atau minuman setelah ia makan atau minum susu. Ini berlangsung pada bayi bila ia kekenyangan atau banyak hawa yang terikut masuk waktu ia makan atau minum susu. Gumoh juga dapat berlangsung apabila bayi dipakaikan gurita dengan kencang. Dapat juga berlangsung apabila anda salah memposisikan anak waktu makan, contohnya makan dengan posisi tidur terlentang. Apabila tidak alami perihal tersebut, bayi tak lagi gumoh. Usakanlah untuk bikin bayi bersendawa saat habis makan atau minum.

Bayi mengompol
Hingga umur di atas dua th. lumrah saja bila bayi tetap mengompol. Dikarenakan kontrol air seninya belum berperan prima. Walau demikian, mengajarkan bayi buang air lebih awal dapat lebih baik, hingga di umur dua tahunan ia telah dapat mengontrol kandung kemihnya. Apabila hingga umur diatas dua th. tetap mengompol, waspadai kemungkinan problem biologis atau psikologisnya.

Menggendong bayi
Menggendong bayi adalah rutinitas beberapa keluarga, terlebih apabila bayi tersebut anak atau cucu pertama. Memanglah ada kebahagiaan tersendiri pada saat kita menggendong bayi. Menggendong bayi bisa bikin bayi lebih tenang, tetapi tidak bikin bayi melatih emosinya. Bayi yang punya kebiasaan di gendong dapat lebih suka digendong hingga ia agak besar, ia dapat malas untuk jalan. Perihal ini dapat bikin anda sulit kedepannya, terlebih dikarenakan tubuh bayi yang makin besar serta berat. Apabila otot lehernya mulai kuat, ia telah dapat mengontrol kepala dengan baik. Anda bisa mengajaknya bermain angkat bayi tingi-tinggi, mengayunkannya, serta sebagian variasi menggendong bayi yang lain. Langkah ini bisa menolong melatih anak mengontrol emosinya.

Mengempeng
Beberapa orang yang berasumsi anak mengempeng itu lumrah. Tetap dapat dikatakan lumrah bila dikerjakan oleh anak dibawah dua th.. Diatas umur dua th. anak yang kecanduan mengempeng, baik itu memakai empeng ( dot ) atau dengan ibu jarinya, dapat alami masalah psikologis. Upayakan untuk mengalihkan aktivitas anak untuk melatihnya berhenti mengempeng.

Vit. untuk anak
Apabila pola makan anak bagus, sesungguhnya tambahan vit. tidak terlampau dibutuhkan. Bila pingin terus berikan vit. tambahan pada anak, berikanlah yang cocok sesuai keperluan, dikarenakan vit. amat berguna bila anak benar-benar sangat membutuhkannya. Contohnya vit. untuk menambah nafsu makan, vit. penambah zat besi, dan seterusnya.


Source:
http://www.balita-anda.com/ensiklopedia-balita/657-tips-kesehatan-bayi-dan-balita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar