Senin, 03 Desember 2012

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir


Cara Perawatan Bayi baru Lahir
Kehadiran seorang bayi di dalam-tengah keluarga dapat bikin situasi tempat tinggal jadi hangat serta mengasyikkan, tetapi ada banyak hal yang butuh kita kenali serta kita cermati saat memahami cara perawatan bayi baru lahir dan apa saja yang perlu dikerjakan ibu serta bapak didalam usaha memberikan rasa safe serta nyaman untuk bayi. Untuk orang tua yang telah berpengalan mempunyai banyak anak barangkali tidak mengalami kesusahan saat merawat bayi mereka, lain halnya untuk beberapa orang tua pemula yang beru pertama kali mempunyai bayi. 

Berikut sebagian panduan cara perawatan bayi baru lahir:


Menyusui bayi dengan ASI
Yang pertama sekali mesti dikerjakan seorang ibu yang baru melahirkan seorang bayi yaitu memberikannya asi, dikarenakan asi pertama memiliki kandungan kolostrum yang diisi anti body yang amat bermanfaat untuk kekebalan tubuh buah hati kita. Berilah asi sesering mungkin untuk hindari tanda-tanda bayi kuning, tak perlu ada jadwal spesial saat menyusui bayi baru lahir dikarenakan rasa lapar yaitu pengalaman pertama dari seorang bayi baru lahir, hal itu tidak dia rasakan saat ada didalam kandungan ibu dikarenakan setiap waktu dia dapat makan melewati plasenta. 

Perlukah dibedong ?
Rutinitas ibu-ibu di indonesia yaitu membedong bayi, perlukah perihal itu dikerjakan, sebagian dokter spesialis anak malah tidak menganjurkan untuk membedong bayi, disamping dapat mengakibatkan kerusakan rangsangan gerak motorik sang bayi, bedong juga bisa bikin sang bayi menjadi kegerahan. 

Tali pusat
dunia kedokteran yang semakin berkembang meringankan kita beberapa orang tua saat memahami langkah perawatan bayi baru lahir termasuk perawatan tali pusat. Saat ini perawatan tali pusat tidak serumit dahulu, cukup menjaganya kering serta membiarkannya tidak terkena benda-benda asing yang membahayakan s/d hari ke tujuh atau lebih dapat lepas dengan sendirinya. Walau demikian kita juga mesti waspada apabila tali pusat berbau serta berwarna kemerahan mungkin saja tali pusat bayi terinfeksi, segera tanyakan dengan dokter jika hal ini berlangsung pada bayi kita. 

Popok dan pakain bayi
Gantilah baju serta popok bayi segera apabila basah baik oleh pipis, bab maupun keringat bayi, Situasi basah pada popok serta pakain bayi dapat bikin kulit bayi terkena iritasi yang dapat menyebabkan ruam popok, pakai baby lotions yang telah teruji dengan klinis, sesekali biarlah bayi bebas tanpa popok supaya pori-pori kulitnya dapat menyerap hawa. 

Memandikan serta memakaikan baju bayi
Mandikan bayi 2 x 1 hari pagi serta sore hari gunakan sabun serta sampo bayi yang lembut serta tidak perih di mata. Ritual memandikan bayi dapat bikin bayi tenang serta nyaman hingga bisa tidur dengan pulas tanpa terbangun. Kerjakan juga pijat bayi sesudah mandi sebelum dikenakan baju, tiap-tiap sentuhan penuh kasih sayang dapat menenangkan serta memberikan rasa safe pada bayi. 

Penyakit yang biasa dihadapi oleh bayi baru lahir
Ruam popok, lidah berjamur, pilek serta kolik pada bayi yaitu tanda-tanda fisiologis yang biasa dihadapi oleh bayi baru lahir, perihal ini dapat bikin bayi rewel serta terus menerus menangis, ketahui sejak awal serta segera tanyakan ke dokter apabila hal ini berjalan lama. 

Hal lain yang butuh di perhatikan yaitu menciptakan situasi nyaman dilingkungan bayi kita, situasi hati orang tua juga dapat punya pengaruh besar pada ketenangan bayi, jagalah emosi kita saat menjaga bayi, curahkan kasih sayang kita seutuhnya untuk sang buah hati. Itulah sebagian panduan cara perawatan bayi baru lahir, semoga berguna, bila ada yang mempunyai pendapat lain atau yang mempunyai pengalaman unik didalam perawatan bayi baru lahir, silahkan kemukakan komentar anda.


Source:
http://ubalinwebblog.blogspot.com/2012/02/cara-perawatan-bayi-baru-lahir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar