Jumat, 30 November 2012

Tips Menyusui Yang Baik


cara menyusui yang baik
Berikut sebagian panduan serta langkah menyusui yang baik yang perlu Ibu kenali:
  • ASI pertama yang berwarna kuning keemasan serta agak kental (kolostrum) janganlah dibuang, segera diberikan pada bayi.
  • Perawatan payudara. Pada waktu mandi bersihkanlah payudara, pakai sabun namun janganlah sabuni di bagian puting serta aerolanya (sisi berwarna gelap lebih kurang puting). Sabun bisa menyingkirkan cairan alami yang membuat perlindungan puting. Buanglah sisa ASI
    gunakan tangan atau dibantu dengan pompa spesial. Rasa pedih pada payudara bisa dihilangkan dengan mandi air hangat, memperoleh hawa serta cahaya matahari cukup dan memoleskan lanolin.
  • Sebelum atau saat mulai menyusui, siapkan waktu untuk bermain dahulu dengan bayi anda hingga situasi jadi rileks serta nyaman. Yakinkan bayi didalam situasi kering, nyaman, serta tidak mengantuk. Carilah posisi yang enak bikin ibu serta bayi ibu.
  • Setiap saat menyusui maka upayakan supaya bayi menyusu dari ke-2 payudara ibu. Awalilah dengan payudara yang paling akhir disusui bayi. Hal ini menolong untuk mengosongkan payudara hingga produksi asi dapat makin meningkat. Yakinkan supaya mulut bayi menutupi aerola, karena menolong menghimpit saluran air susu hingga mempercepat pengeluaran asi.
  • Bayi ibu dapat menolong Ibu mengetahui berapakah lama waktu menyusui yang ia kehendaki. Untuk pertama kali, ibu bisa mengawali dengan menyusui sepanjang 5 menit pada tiap-tiap payudara serta memberikan waktu menyusui dengan bertahap sampai meraih waktu yang cocok untuk ke-2 belah pihak.
  • Sesudah cukup, dengan perlahan tekanlah payudara dari sudut mulut bayi gunakan jari ibu sampai payudara lepas dari mulut bayi.
  • Jauhi menyusui di ranjang terlebih saat malam hari, untuk menghindar kemungkinan ibu jatuh tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar