Jumat, 30 November 2012

Cara Menyusui yang Benar


Adalah hak tiap-tiap bayi untuk memperoleh asi sejak pertama kali mereka lahir hingga sekurang-kurangnya usia 6 bln.. sesudah itu asi dapat terus diberikan s/d usia 2 tahun (tidak terbatas) sembari diberikan makanan pendamping asi. Perihal tersebut yang kurang disadari oleh banyak ibu-ibu di indonesia. Tak hanya dikarenakan kurangnya info juga dikarenakan sebagian factor eksternal yang lain. Memanglah sebagai ibu tentu mempunyai kodrat serta naluri untuk menyusui anaknya. Tetapi, janganlah dulu melupakan hambatan sepanjang menyusui yang mungkin dihadapi oleh beberapa ibu hingga mutlak memerlukan dukungan dari beragam pihak terlebih dari orang-orang paling dekat ibu. 

Satu perihal mutlak yang perlu di perhatikan saat memberikan asi yaitu langkah menyusui yang benar
. Dikarenakan apabila langkah menyusui tidak benar maka dapat menyebabkan puting lecet, ibu lantas tidak nyaman serta kesakitan saat menyusui, serta dapat mengakibatkan rasa enggan serta takut menyusui. Langkah menyusui yang benar terkait dengan pelekatan / lacth on yang benar juga. Pelekatan yang disebut yaitu langkah menempelnya mulut bayi ke tempat aerola (sisi yang berwana gelap di sekitar puting) pada payudara ibu. Apabila mulut bayi cuma menempel pada puting saja, dapat dipastikan puting dapat lecet serta luka. Persepsi bahwa menyusui cuma melewati puting saja hingga untuk ibu dengan puting datar (nipple flat) tidak dapat menyusui mesti diluruskan. Kata lain dari menyusui yaitu breast feeding, bukan hanya nipple feeding. Lantas ibu dengan puting datar dapat terus dapat menyusui meskipun membutuhkan usaha ekstra baik untuk ibu ataupun bayi. 

Di bawah ini yaitu sebagian posisi meyusui yang benar : 

Apabila nyatanya ibu tetap menjumpai kesusahan saat menyusui, dapat menghubungi asosiasi ibu menyusui indonesia (AIMI) untuk memperoleh arahan perihal langkah menyusui yang benar. AIMI sendiri sudah memiliki sebagian cabang di sebagian kota di indonesi. Apabila nyatanya di kota area kita tinggal tidak ada aimi, kita dapat mendatangi klinik laktasi di sebagian tempat tinggal sakit ataupun klinik bersalin. Sekarang ini pemerintah amat menggalakkan program pemberian asi hingga info dan service tenaga kesehatan tentang pemberian asi dapat lebih gampang kita dapatkan di lebih kurang kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar